Kategori
Tak Berkategori

My First Blog Post


My blog, My should

Be yourself; Everyone else is already taken.

โ€” Oscar Wilde.

This is the first post on my new blog. Iโ€™m just getting this new blog going, so stay tuned for more. Subscribe below to get notified when I post new updates.

Kategori
Inspirasi

Pembohong Kepanasan dengar Kata #Aa’ Gym


Assalamu’alaikum,, guys aku mau share video yang InsyaAllah bermanfaat.

Berbagiilmu.sport.blog

Tunggu video yang InsyaAllah bermanfaat lainnya di next time.

Jangan lupa share video ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Jazakumullah, terimakasih, thanks buat para pembaca setia Berbagiilmu. Barakallah, semoga Allah memberkahi.

Kategori
Inspirasi

Berawal dari Insecure Menjadi Rasa Syukur


Saya lebih senang dihina dari pada di beri pujian. Karena pujian itu melenakan, sedangkan hinaan itu adalah suatu kenikmatan

Ardiansyah

Aneh, orang terdzolimi (di hina, di caci, di lecehkan, di remehkan bahkan di rendahkan) malah bahagia dan bersyukur. Ini berawal dari rasa insecure nya seorang low vision, yang merasa bahwa dengan sisa penglihatannya yang tak cukup baik maka ia tidak mampu berbuat banyak hal. Beruntung rasa insecure nya kini merambah pada rasa tawadhu, dimana ia menyadari bahwa dirinya hanya seorang hamba Allah SWT yang tak berkuasa atas segala sesuatu tanpa seizin Nya, ia percaya sekali bahwa lahaula Wala quwata ila Billah (tidak ada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang maha tinggi lagi maha agung).

Dan untuk mencapai rasa syukur itu ia melawati beberapa fase sebagai berikut:

  1. Tidak marah kepada orang yang mendzolimi nya.
  2. Diam saat di dzolimi.
  3. Ikhlas dan tidak membalas perbuatan orang yang mendzolimi nya dengan perlakuan buruk.
  4. Berbuat baik kepada orang yang mendzolimi.
  5. Merasakan kenikmatan ketika terdzolimi sehingga ia bersyukur karena nya.

InsyaAllah kisah berikut ini bisa kita jadikan sebagai contoh untuk mengolah rasa dan emosi kita…

Dan inilah sekelumit kisah nya yang dibagikan kepada saya:

Aku dulu pernah di bilangin gini sama karyawan di perusahaan Esia (produk HP milik pak Bakrie) waktu beli HP “mas gimana sih, tanda tangannya kenapa di sini, kan saya tadi suruh tanda tangan disebelah sini!?” Ya terus ku bilang aja”Maaf mbk saya gak tau karena saya gk bisa lihat, kalau saya tahu saya pasti tanda tangan di tempat yang mbk mau. Sebenarnya saya gak mau mbk lahir dengan kondisi seperti ini, tapi saya gak punya pilihan untuk dilahirkan seperti mbk yang sempurna” Mengetahui hal tersebut manager perusahaan tersebut lantas meminta maaf kepada nya dan memberikan potongan harga 50% sebagai permohonan maaf.

Bersambung-

Kategori
Inspirasi

PSBB Jilid II : Kita Bisa Apa?


PSBB bagi sebagian orang adalah momentum untuk quality time bersama keluarga, ada juga yang menjadikan momentum ini sebagai waktu untuk Self Awareness, dan ada pula yang resah saat masa PSBB ini berlangsung. Hemb… resah sedikit boleh, tapi jangan berlebihan ya sobat. Dari pada resah berkepanjangan ada baiknya kita lakukan hal-hal positif berikut ini:

1. Niatkan stay at home karena untuk mendapatkan ridho dan karunia dari Allah SWT.

Ikhlaskan setiap apa yang kita lakukan dalam rangka menjalankan perintah dari umaro’ atau pemimpin kita. Karena ini pasti akan berakhir, yakinlah bahwa setiap awalan ada akhirnya.

2. Tetap produktif meski aktivitas kurang kondusif.

Work from home (WFH) atau bekerja dari rumah terkadang tidak menyenangkan karena kurangnya fasilitas yang memadai. Walau demikian, kita masih tetap bisa produktif dengan memanfaatkan teknologi canggih yang ada saat ini.

3. Menjaga mental agar tetap sehat

Mulailah mengenali diri sendiri, karena saat ini adalah waktu yang tepat untuk merefleksi diri agar kita bisa tumbuh menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi. Dengan mengenal diri sendiri, kita bisa menambahkan sesuatu yang kurang dari diri kita atau mengurangi sesuatu yang berlebihan dari diri kita. Dengan begitu kita telah melakukan upaya agar mental kita tetap sehat.

4. Mencari pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan dari rumah

WFH tentu sedikit banyak berpengaruh bagi pemasukan dan pengeluaran kita, dan untuk menghindari istilah besar pasak dari pada tiang, atau tak ingin tabungan kita terkuras habis untuk memenuhi kebutuhan hidup, ada baiknya kita mencoba melakukan pekerjaan yang menghasilkan uang dari rumah untuk menutupi segala kebutuhan financial.

Selain hal tersebut tentu ada banyak hal positif lainnya yang bisa kita lakukan saat PSBB Jilid II ini. Nah untuk sobat pembaca setia berbagiilmu bisa apa? Apa yang bisa dilakukan saat PSBB jilid II ini. Share pendapat dan pengalaman mu di kolom komentar ya.

Kategori
Inspirasi LITERASI

Menulis dan Menghasilkan Tulisan yang ada Great nya


Cerita tentang perjuangan menulis skripsi.

“Menulislah, tapi jangan sekedar menulis, buatlah tulisan yang ada great nya, ada nilai jualnya.” Itulah kalimat yang sering aku dengar kalau lagi nyaksiin sidang skripsi kakak tingkat. Kalimat yang memotivasi aku untuk menghasilkan karya tulis yang ada great nya.

Yash… Akhirnya momentum untuk menulis skripsi tiba juga. Saat itu aku masih semester 6, dan semangat menulis ku masih sangat menggebu. Hingga saat sidang proposal, tidak ada masalah yang berarti saat menulis skripsi.

Pasca sidang proposal aku harus penelitian ke Jakarta, karena masih ada jam kuliah di kampus yang lokasi nya di Lampung jadi sering bolak-balik Lampung Jakarta dan karena di Jakarta gak ada tempat singgah, sementara aku gak punya anggaran untuk sewa kamar, akhirnya aku singgah di Bogor (di rumah paman). Alhasil bolak-balik Bogor Jakarta dan Lampung. Terniat banget dan obsesi banget untuk ngasilin tulisan yang ada great nya. Jadi tempat penelitian nya aku pilih yang terbagus, meski gak ada budget tapi tetep nekat dan yakin sambil berjalan nanti ada rezeki nya.

Proses penelitian dan bimbingan hasil lebih sulit dari sebelumnya. Draft skripsi yang udah aku buat susah payah sampe gak cukup tidur, ngabisin kertas setengah rim, ditambah aku harus jalan kaki menempuh jarak yang gak deket untuk numpang ngeprint ke temen, karena aku gak punya budget untuk ngeprint, tapi kok malah di mentahin gitu aja sama dosen. Parahnya, aku harus ngulangin lagi dari BAB 1 guys. Hal itu terus berulang sampe hampir 1 tahun lamanya. Dan kebayang gak? kalau jadwal bimbingan ku adalah hari Rabbu dan Jumat setiap minggunya, berapa banyak kali aku harus menulis ulang draft skripsi ku.

Banyak drama saat nulis skripsi itu pasti, dan hampir semua emoticon itu cocok untuk ngelengkapin peran dalam drama itu. Sampe ada sebuah kejadian magic terjadi tapi bukan kejadian mistis. Dan ini rahasia ahaha…, gak kok, aku cuma bercanda. Ada momen dimana sahabat ku mohon-mohon ke dosen pembimbing ku untuk ACCin skripsi ku biar bisa diujiin bareng dia. Dan hal magic itu terjadi, tapi aku bukan nya seneng malah ngerasa beban banget. Karena setiap kali bimbingan, skripsi ku atau jawaban ku saat di tanya dosen pembimbing selalu gak tepat, kurang dan gak berkwalitas banget. Sampai pernah suatu ketika dosen pembimbing ku bilang kalau skripsi ku gak layak, aku gak bakal lulus saat sidang dan perkataan lainnya yang bikin aku gak punya nyali bahkan gak semangat buat nulis.

Sebelum aku daftar sidang skripsi, aku meditasi dan cari inspirasi menulis dari tulisan terdahulu dan coba ngerevisi skripsi ku dari awal dan menulis skripsi yang bener-bener belum pernah aku sajiin ke dosen pembimbing ku dan bahkan bener-bener beda dari skripsi satu jurusan atau prodi dari awal berdirinya kampus sampe aku kuliah saat itu, dimana hasil penelitian ku adalah strategi advokasi yang digunakan untuk memberdayakan wanita Disabilitas. Tapi tetep aja dalam menulis aku ngikutin panduan penulisan karya ilmiah yang berlaku. Kegiatan menulis skripsi ini berlangsung selama dua minggu lamanya, kegiatan ini juga aku kasih nama ‘menulis dan menghasilkan tulisan yang ada great nya’.

Akhirnya saat sidang skripsi tiba dan untuk pertama kali nya skripsi yang aku buat selama dua minggu di baca sama orang lain. Aku gak pernah berharap lebih, cukup aku bisa lulus meski aku gak tahu kalau tulisan ku itu bener atau enggak, enak di baca atau enggak. Kali ini aku udah ngelupain tuh yang namanya menghasilkan tulisan yang ada great nya.

Momen terakhir yang bikin aku sadar bahwa kalau mau mendapatkan hasil yang maksimal kita juga harus usaha total alias kerja tanpa batas. Saat pengumuman hasil dan aku dapet nilai yang sangat memuaskan, nah saat itu otak ku mulai berargumentasi “Sebelum nya aku menulis berdasarkan diktean atau intervensi dosen pembimbing, aku fikir dengan begitu dosen pembimbing ku akan senang. Tapi akibatnya tulisan ku malah kacau balau, karena aku gak total menulis dengan gaya tulisan ku sendiri dan bahkan gak bisa aku pahami sendiri”, maka dari itu:

Untuk menghasilkan tulisan yang baik kita harus revisi lagi dan lagi sampai kita benar-benar paham dengan apa yang kita tulis

Untuk menghasilkan sebuah karya tulis yang bernilai tinggi kita harus menggunakan penalaran yang murni dari diri sendiri dengan belajar dari mereka yang lebih ahli

Menulis dengan menjadi diri sendiri itu penting untuk membuat tulisan kita seolah bernyawa.

Dan pelajaran berharga lainnya adalah:

Untuk mendapatkan sesuatu yang berharga kita harus berusaha melampaui batas kemampuan yang kita miliki.


Terimakasih telah membaca hingga usai, semoga bermanfaat dan menginspirasi. Barakallah: semoga Allah SWT memberkahi mu. ๐Ÿ™

Kategori
Inspirasi

Resep Ampuh Bikin Netizen Kebakaran Jenggot


Aku udah nemuin cara ampuh bikin netizen kebakaran jenggot nih. Kamu pasti penasaran ya, gimana caranya. Yuk langsung aja ke cara yang pertama dan seterusnya. Hihihi

  1. Jaga hati biar gak baper. Salah satu cara jaga hati biar gak baperan adalah dengan istighfar, memaafkan kesalahan netizen dan berfikir realistis.
  2. Jaga pikiran biar gak terhasut. Ingat bahwa kita punya tujuan yang ingin di capai dan untuk mencapai itu tak semua orang akan mendukung kita.
  3. Fokus sama tujuan, mimpi atau cita-cita. Luangkan waktu untuk fokus mengerjakan apa pun untuk mencapai tujuan, mimpi atau cita-cita kita dan abaikan netizen.
  4. Netizen lelah dan menyadari bahwa kita sudah jauh melangkah sementara ia masih berdiri di belakang garis start.

Gimana, pasti kamu udah gak sabar untuk nyobain resep ampuh bikin netizen kebakaran jenggot ini?

Kategori
Resep Masakan

Resep Indomie Pangsit Krispi


Apa kabar Bunda? Sudah punya cemilan untuk temen ngeteh atau ngopi? Kalau belum aku mau bagi resep yang mantap, nikmat dan yummy tentunya. Langsung aja kita checklist in bahan-bahan nya yuk Bun ๐Ÿ‘‡

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus Indomie
  • 20 lembar kulit pangsit
  • 100 gram daging ayam cincang
  • 2 lembar daun bawang dipotongยฒ ยฝcm.
  • 1 buah wortel potong seperti korek api.
  • 3 sdm minyak goreng
  • 2 sdm saos tiram
  • ยผ sdt lada / merica bubuk

Cara membuat isi pangsit:

  1. Masak Indomie ยฝ matang kemudian tiriskan.
  2. Panaskan minyak goreng, masukan ayam cincang, aduk hingga warnanya menjadi pucat. Kemudian masukan wortel aduk kembali. Masukan saos tiram, bumbu indomie secukupnya, lada, indomie yang sudah dimasak ยฝ matang dan terakhir daun bawang aduk-aduk hingga matang. (Jangan lupa test rasa)

Cara membuat pangsit indomie krispi:

  1. Ambil selembar kulit pangsit tuangkan isian hingga hampir memenuhi kulit pangsit, kemudian rekatkan kulit pangsit dengan mengolesi sedikit air di bagian yang ingin direkatkan.
  2. Lakukan langkah pertama hingga selesai atau isian nya habis.
  3. Goreng pangsit indomie hingga matang atau kulit pangsit berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

Indomie pangsit krispi siap di sajikan.

Selamat mencoba Bunda. Pasti Indomie pangsit krispi buatan Bunda lebih nikmat dari yang ku buat.

Kategori
CITA-CITA DAN HARAPAN IMPIAN Inspirasi Pendidikan

Cara untuk Bertahan dari Gelombang Pandemi: untuk Fresh graduate yang masih mencari kerja


Momen kelulusan sekolah atau wisuda adalah momen bersejarah yang diwarnai dengan kebahagiaan dan dihiasi oleh tawa kegembiraan dan kebanggaan. Bangga karena telah berhasil menyelesaikan tugas akhir, bangga karena telah berhasil melewati lika liku di bangku pendidikan yang penuh drama dan air mata, dan bangga telah berhasil memberikan yang terbaik kepada orang tua.

Namun sayangnya, momentum itu tidak berlangsung lama, karena situasi kita akan dihadapkan dengan situasi yang berbeda dari sebelumnya. Ya, inilah masa peralihan dari dunia pendidikan ke dunia kerja sedang berlangsung.

Lebih berat lagi situasi ini diperparah dengan adanya pandemi dan era new normal yang penuh dengan ketidakpastian. Masa ini membuat kita sebagi fresh graduate gigit jari. Pasalnya, sebagian besar perusahaan sedang memberlakukan program pengurangan karyawan hingga WFH (work from home) alias kerja dari rumah. Dengan begitu kita sebagai fresh graduate memiliki peluang yang sedikit untuk dapat memasuki dunia kerja.

Walau demikian, saya yakin kita sebagai fresh graduate milenial adalah generasi tangguh yang memiliki cara lain untuk mengisi kekosongan waktu itu, dengan terus melakukan kegiatan-kegiatan positif yang mampu meningkatkan kwalitas diri kita.

Kegiatan tersebut diantara adalah:

  1. Mengikuti webinar (seminar online/during).
  2. Kursus untuk meningkatkan bahasa, seperti bahasa Inggris, Arab, Jepang, dan lainnya.
  3. Kurus untuk meningkatkan kemampuan skill seperti kursus komputer, menjahit, developer, dan lain sebagainya.
  4. Bergabung dengan komunitas anak muda yang positif, seperti komunitas Indonesia mengajar, komunitas pecandu buku, kejar mimpi, Habibi Center dan lain sebagainya
  5. Berbagi ilmu pengetahuan dengan teman, keluarga maupun kerabat.

Ataupun kegiatan positif lainnya yang kita lakukan untuk mengisi waktu luang ini.

Semangat untuk kita fresh graduate tangguh. Yakinlah bahwa situasi ini akan berlalu. Dan kita bisa segera mewujudkan mimpi kita, cita-cita kita dan meraih kesuksesan yang selama ini kita harapkan.

Kategori
Inspirasi LITERASI

Menulis dalam sebuah Perspektif


Menulis adalah suatu sarana untuk mengikat ilmu, ini adalah perspektif nya sahabat dan keponakan Baginda Rasulullah SAW yaitu Ali bin Abi Thalib. Ia pernah berkata bahwa “apabila kamu memiliki ilmu maka ikatlah ia dengan menuliskan nya“.

Okey, sebelum kita lanjut ke perspektif lainnya, ada baiknya jika kita ketahui bersama bahwa:

Baca Juga: Menulis dan Menghasilkan Tulisan yang Ada Great nya

‘pena’ merupakan makhluk yang pertama kali diciptakan oleh Allah SWT,

Sebagimana diriwayatkan dalam sebuah hadits yang berbunyi:

ุฅูู†ูŽู‘ ุฃูŽูˆูŽู‘ู„ูŽ ู…ูŽุง ุฎูŽู„ูŽู‚ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุงู„ู’ู‚ูŽู„ูŽู…ูŽ. ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูŽู‡ู: ุฃููƒู’ุชูุจู’. ู‚ูŽุงู„ูŽ ูŠูŽุง ุฑูŽุจูู‘ ูˆูŽู…ูŽุง ุฃูŽูƒู’ุชูุจูุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฃููƒู’ุชูุจู ุงู„ู’ู‚ูŽุฏูŽุฑูŽ ูˆูŽู…ูŽุง ู‡ููˆูŽ ูƒูŽุงุฆูู†ูŒ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุฃูŽุจูŽุฏู (ุฑูˆุงู‡ ุฃุญู…ุฏ)

โ€œSesungguhnya makhluk yang pertama kali diciptakan oleh Allah SWT adalah pena. Lalu Allah berkata, โ€œTulislahโ€. Maka dia (pena itu) bertanya kepada Allah, โ€œApa yang harus saya tulis, Ya Rabb (Tuhan)?โ€ Allah menjawab, โ€œTuliskan semua apa yang telah Aku takdirkan dan apa yang ada sampai akhir zaman.โ€ 

(H.R. Ahmad)

Menulis dalam perspektif yang berbeda:

Menulis dalam perspektif Fathu Rohman adalah ungkapan dan imajinasi isi hati seseorang yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan.

Sementara menulis buku dalam perspektif Santoso adalah aktivitas merangkai huruf, kata, kalimat, paragraf, dan tulisan.

Menulis dalam sebuah perspektif lainnya adalah:

Baca Juga : Menulis itu Seru: Bagian II

Menulis adalah olahraga otak.

Menulis adalah cara untuk mengumpulkan mahar.

Menulis adalah kegiatan yang menyenangkan.

Menulis adalah sarana untuk menuangkan isi hati.

Menulis adalah kegemaran yang menghasilkan cuan.

Menulis adalah sarana untuk menjadi kaya.

Menulis adalah cara terbaik untuk menuangkan ide-ide.

Menulis adalah cara terbaik untuk memahami ilmu pengetahuan.

Menulis adalah sesuatu yang membawa ku pada titik kesuksesan.

Baca juga: Menulis itu Seru

Kategori
Inspirasi Islam itu Indah Kisah Rasulullah SAW

Fadilah Sholawat Kepada baginda Rasulullah SAW


Tahukah kita bahwa:

“Barangsiapa yang bersholawat 1 kali kepada baginda Rasulullah SAW, maka akan mendapatkan syafaat serta diangkat derajatnya sebanyak 10 tingkatkan dan mendapatkan 10 kebaikan”.

MasyaAllah, begitu agung nya kalimat “allahumma sholi ala Sayidina Muhammad, wa ala alihi Sayidina Muhammad“. Kalimat yang singkat namun serat akan manfaat. Bayangkan jika kita bersholawat 100 kali atau 1000 kali dalam sehari, maka berapa banyak fadhilah yang kita dapatkan.

Di samping itu bersholawat merupakan suatu amalan yang pasti diterima oleh Allah SWT. Bahkan jika kita ingin do’a kita diijabah (diterima) oleh Allah SWT, maka di dalam do’a kita harus dilengkapi dengan kalimat sholawat kepada baginda Rasulullah SAW, di samping kalimat Basmallah (Bismillahirrahmanirrahim) dan Hamdallah (alhamdulillah hirobilalamin).


Kenapa amal bersholawat pasti diterima oleh Allah SWT?

Apakah ada yang tahu?

Ya… Jika kita pahami arti dari kata:

“allahumma sholi ala Sayidina Muhammad”.

Yang berarti:

“Ya Allah aku mohon Engkau bersholawat kepada baginda nabi Muhammad SAW”

Maka sesungguhnya yang mampu bersholawat kepada baginda Rasulullah SAW adalah Allah SWT. Kita hanya memohon kepada-Nya agar sholawat kita sampai kepada baginda nabi Muhammad SAW. Jika dalam bersholawat kita melibatkan Allah SWT di dalamnya, mustahil amalan itu tidak di terima.

Lalu, sudahkah kita bersholawat hari ini?


Terimakasih telah membaca hingga usai, semoga bermanfaat dan memotivasi. Barakallah: semoga Allah SWT memberkahi mu.

Kategori
Inspirasi Islam itu Indah

Saudara Seiman


Saat Aku di tanya “Siapa saudara mu?”, lalu Aku menjawab “Saudara Ku adalah umat muslim”. “Saudara kandung Mu?” tanya nya lagi dan Aku pun tertunduk.

Sahabat tahukah Kamu, bahwa Aku ini hidup sebatang kara, yang tinggal di Kota Basar. Aku memilki kebiasaan yang unik, yaitu mencari anggota keluarga baru setiap hari. Tapi jangan berfikir bahwa anggota keluarga yang ku maksud adalah keluarga kandung atau keluarga yang terikat oleh hubungan darah.

Bagiku ikatan persaudaraan tak melulu harus terjalin karena ada hubungan darah. Karena bagiku saudara ku adalah umat muslim, jadi setiap umat muslim adalah saudara ku.

Ya… benar sekali saudara seiman.

Menjalin persaudaraan atas dasar iman dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi (hubungan baik), Tholabul ilmi (mencari ilmu), fastabikul khoirot (berlomba dalam kebaikan) maupun tujuan baik lainnya adalah sunah (ajaran nabi Muhammad SAW).

Maka dari itu, aku tetap mempertahankan kegemaran ku yang terbilang unik ini.

Apakah kamu memiliki kegemaran yang sama seperti ku?

Berapa banyak saudara seiman mu?

Tulis jawabannya di kolom komentar ya.


Terimakasih telah membaca hingga usai, semoga bermanfaat dan menginspirasi. Barakallah: semoga Allah SWT memberkahi mu.